Jumat, 04 Juni 2010

Validation Rule


I. TUJUAN
a. Siswa mampu merancang Database dengan MS Access 2007.
b. Siswa mampu membuat Validation Rule dengan MS Access 2007.
c. Siswa mampu membuat Lookup Wizard dan siswa juga mampu memodifikasi table.
d. Siswa dapat mengetahui mengunakan fungsi rumus untuk Validation Rule Di MS Access 2007.

II. Langkah Kerja

1. Langkah pertama dalam membuat Validation Rule dengan MS Acces 2007 adalah membuat dahulu Tabel Database yang akan dibuat.
2. Setelah selesai membuat rancangan Database, maka tampilan seperti berikut. Gambar dibawah ini adalah gambar contoh Tabel Database Buku.
3. Selanjutnya adalah membuat rumus untuk Id_Buku seperti contoh diatas. Langkahnya dengan masuk pada tab menu Home lalu pilih View yang berada di pojok kiri, berikut tampilannya.

4. Selanjutnya akan masuk pada menu View. Pilih kolom pada Tabel yang akan di beri Validation Rule, karena pada praktikum ini menggunaka Tabel Buku maka kolom yang akan di modifikasi adalah kolom Id_Buku.

5. Langkah membuat Validation Rule adalah masuk pada Field Properties kolom Id_Buku pilih General. Setelah itu masukkan jumlah karakter yang akan menjadi Id_Buku pada baris Input Mask dengan rumus (LL999999). LL adalah jumlah karakter huruf yang akan menjadi masukkan Id_Buku dan 999999 adalah jumlah karakter angka yang akan menjadi masukkan Id_Buku.
6. Selanjutnya pada baris Validation Rule isikan rumus untuk Id_Buku dipraktikum ini menggunakan rumus “Left”. Contohnya sebagai berikut (Left("Id_Buku]",2)="TI" Or Left([Id_Buku],2)="AV" ) dan isikan suatu peringatan bila Id yang dimasukkan nantinya salah / tidak sesuai yaitu pada baris Validation Text. Contohnya adalah (ID BUKU YANG DIMASUKKAN SALAH). Setelah itu save dan coba jalankan.

7. Setelah itu isikan Id dari buku tersebut. Pada praktikum ini akan diberikan contoh jika Id yang dimasukkan salah. Karena Id yang dimasukkan pada rumus adalah TI dan AV, maka praktikum ini akan mencoba untuk memasukkan Id selain itu. Contohnya : TB 00006 maka akan muncul peringantan. Peringatan ini adalah peringata yang telah dibuat pada langkah sebelumya yaitu ID BUKU YANG DIMASUKKAN SALAH.

8. Selanjutnya adalah langkah membuat Lookup Wizard. Pertama masuk pada menu View Tabel yang kan dibuat Lookup Wizard. Pada praktikum pembuatan Lookup Wizard ini menggunakan table Karyawan. Dan berikut langkahnya, setelah masuk pada menu View pilih Field Name yang akan dibuat lalu pilih Data Type, berikut tampilanya. Pada contoh praktikum ini mengguakan baris alamat pada table karyawan.


9. Pada Data Type > Lookup Wizard maka akan muncul tampilan seperti berikut. Pilih I will type in the values that I want lalu kilk tombol Next>.


10. Selanjutnya akan mncul tampilan seperti berikut. Isikan nama kolom pilihan yang akan dimunculkan pada kolom alamat pada Lookup Wizard ini contohnya adalah Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul, Yogyakarta, dan Luar DIY setelah itu klik tombol Next>.

11. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut pada kolom nama pastikan adalah nama kolom yang dibuat dan klik tombol Finish.


12. Selanjutnya save perubahan tersebut dan coba jalankan. Setelah dijalankan maka tampilannya adalah sebagai berikut, lalu kan muncul pilihan alamat tempat tinggal dari karyawan tersebut.



III. Kesimpulan
Pembuatan validation Rule dengan MS Access 2007 sangat mudah karena perintah perintahnya mudah dipahami. Pada penulisan sintak di Validation Rule harus dilakukan dengan benar jika tidak perintah yang dimasukkan di table akan terjadi error.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar